Minggu, 19 Juni 2011

Tips menghilangkan sembelit



5 tips menghilangkan sembelit

Haloo sobat, apa ada yang bermasalah dengan sembelit (konstipasi)? Eits jangan keburu minum obat pencahar (laksatif) dahulu. Gunakan dahulu cara alami untuk memperlancar BAB. Kenapa harus cara alami dahulu? yaah, alami selalu lebih baik dan lebih aman bukan?
Konstipasi atau sembelit mengenai orang dengan cara yang berbeda-beda,sehingga cara mengatasi konstipasi juga berbeda beda. Perubahan kebiasaan seperti ketika berpergian atau baru masuk kerja dapat menyebabkan konstipasi. Begitu juga dengan stress atau kecemasan yang berlebihan.Konstipasi atau sering disebut sembelit adalah kelainan pada sistem pencernaan seseorang mengalami pengerasan feses atau tinja yang berlebihan sehingga sulit untuk dibuang atau dikeluarkan dan dapat menyebabkan kesakitan yang hebat pada penderitanya.



Konstipasi yang cukup hebat disebut juga dengan obstipasi. Dan obstipasi yang cukup parah dapat menyebabkan kanker usus yang berakibat fatal bagi penderitanya.
Jumlah pergerakan usus umumnya menurun sejalan bertambahnya usia. Sembilan puluh lima persen dari orang dewasa memiliki pergerakan usus antara tiga dan 21 kali per minggu, dan ini akan dianggap normal. Yang paling umum adalah satu pola pergerakan usus sehari, tetapi pola ini terlihat dalam waktu kurang dari 50% orang. Selain itu, sebagian besar orang yang tidak memiliki pergerakan usus setiap hari atau jumlah yang sama dengan yang mempunyai pergerakan usus.
Ada 5 cara mudah menghilangkan sembelit atau susah buang besar, yakni:
1. Konstipasi dapat dicegah dengan cara hidup yang teratur, gaya hidup sehat
2. Lakukan diet seimbang,
3. Olahraga teratur dan terukur,
4. Banyak minum air putih.
5. Perbanyak mengkonsumsi buah-buahan dan makanan kaya serat

Rubah gaya hidup Anda dan mulai hidup sehat. Sekian 5 cara mudah menghilangkan sembelit atau susah buang besar. Semoga bermanfaat.

selamat mencoba.........................................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar